Sekolah Jurnalistik dan Media Sosial KIM Kertajaya Angkatan I Tahun 2023

SURABAYA – KIM Kertajaya dan Arunika Academy bekerja sama memfasilitasi Warga RT01 mengadakan Sekolah Jurnalistik dan Media Sosial Angkatan I Tahun 2023, Sabtu (19/08), di Balai RW03 Kelurahan Kertajaya, Kecamatan Gubeng, Jalan Manyar Adi No. 1, Surabaya.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai elemen Masyarakat yaitu perwakilan Kelurahan, tokoh Masyarakat, Ketua LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan), Ketua RT/RW, para pelajar, dan warga setempat.

Adapun narasumber yang hadir adalah Alief Bintang Timur, S.I. Kom (Wartawan Muda Surat Kabar & Trainer Arunika Academy), Ramadhani Gadis Yosnanda (Duta Kampus Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya & Trainer Arunika Academy), serta Hutrimas Wimapiguna, S.SAP (Ketua KIM Kertajaya).

Asnafi, Sekretaris Kelurahan, yang hadir, mengatakan, “Kami sangat mengapreasiasi dan mendukung kegiatan positif ini. Harapannya adalah kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan. Sehingga, generasi muda dapat belajar hal-hal baru terutama tentang berjurnalistik dan semakin cerdas dalam ber-media sosial”.

Hutrimas Wimapiguna, Ketua Pelaksana sekaligus Ketua KIM Kertajaya menyampaikan, “Kegiatan ini kami inisiasi dengan tujuan mengajak warga untuk belajar mengenai jurnalistik dan memahami fungsi-fungsi media sosial. Warga diharapkan mampu menuliskan berita-berita, misalnya tentang kegiatan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), pembangunan, ataupun berita-berita hangat lainnya dalam kegiatan sehari-hari. Kami akan memfasilitasi dan menaikkan hasil karya warga ke dalam website KIM Kertajaya. Di samping itu warga akan semakin cerdas dalam ber-media sosial”.

Mengakhiri kegiatan ini, Hutrimas mengatakan, “Setiap peserta akan menerima sertifikat keikutsertaan dalam kegiatan ini. Karena kegiatan ini adalah sebuah sekolah, maka peserta akan diberikan ujian dan diwajibkan untuk mengerjakan beberapa tugas mempraktikkan cara-cara menuliskan berita yang benar dan baik, yang akan dikumpulkan kepada Ketua KIM Kertajaya. Jika ternyata peserta tersebut dinyatakan lulus, maka ia berhak untuk memperoleh sertifikat kompetensi”.

Jurnalis :
Marian T. Rosidi
Peserta Sekolah Jurnalistik dan Media Sosial Angkatan I Tahun 2023 (Delegasi RW 01 Kertajaya)