Camat Gubeng Eko Kurniawan Purnomo Kawal Imunisasi SUB PIN Polio


KIM Kertajaya Surabaya. Kecamatan Gubeng menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan SUB PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio di Wilayah Kecamatan Gubeng.
Rapat koordinasi ini hadir Camat Gubeng Eko Kurniawan Purnomo, Perwakilan Kapolsek Kanit Lantas Gubeng Didik Supriyanto, Kepala Puskesmas Pucang Sewu drg. Ummi Latifah, Kepala Puskesmas Mojo dr. Ratna Megasari M.Kes., Ketua K3TK Desy Rahmawati, Ketua K3PPT Eny, Ka Kwaran, Kasi Kesra Kelurahan, Ketua TP PKK, Ketua KIM, Ketua LPMK, Koordinator KSH se - Kecamatan Gubeng. 

SUB PIN Polio di Kecamatan Gubeng diselenggarakan mulai tanggal 15 Januari 2024 secara serentak. Awal mula diberlakukannya Imunisasi Polio ini berawal dari kejadian polio di Aceh. Polio dapat ditularkan melalui air dan makanan. Polio juga menyebabkan paralisis kelumpuhan. 

Kepala Puskesmas Mojo, dr Ratna Megasari M.Kes menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilaksakan serentak pada tanggal 15 Januari 2024 dengan sasaran proyeksi sebanyak 11.500 jiwa di Kecamatan Gubeng "Dimulai tanggal 15 Januari 2024 sasaran proyeksi 11.500" ucap dokter ratna

Kepala Puskesmas Pucang Sewu, drg Ummi Latifah menjelaskan nanti di setiap kelurahan akan ada perbantuan Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) dibantu datang ke sekolah-sekolah dan posyandu di balai RW. "Akan ada bantuan dari adik-adik mahasiswa unair dalam pelaksaan imuniasai tersebut tanggal 15" kata dokter ifa.

Camat Gubeng Eko Kurniawan Purnomo menambahkan nantinya akan ada dua data, yaitu basis data Kemenkes (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia) dan Pemkot Surabaya (Pemerintah Kota Surabaya). "Pak Wali memerintahkan kita mengadakan imuniasi ini dua hari tanggal 15 dab 16, nah untuk entri basis data kemenkes lewat aplikasi sehat indonesiaku dan pemkot lewat aplikasi PWS (Pemantauan Wilayah Setempat)". Imbuh Camat Eko.

Dalam rangkuman yang dibuat oleh Hutrimas Wimapiguna, Ketua KIM Kertajaya dalam rapat koordinasi tersebut ada beberapa hal yang dapat disampaikan kepada pembaca blog KIM Kertajaya berikut ini :

  1. Imunisasi tersebut diberikan kepada anak Usia 0-8 Tahun.
  2. Diselenggarakan selama 2 (dua) hari, mulai tanggal 15 Januari 2024.
  3. Sasaran total Imuniasi Sub PIN Polio di Kecamatan Gubeng +/- 11.500 jiwa.
  4. Imunisasi tidak diberikan kepada anak yang mengalami sakit demam, muntah, dan diare.
  5. Imunisasi menggunakan metode OPV (Oral Poliomyelitis Vaccine) dengan meneteskan dua tetes vaksin ke anak-anak melalui oral (mulut). Satu vial dapat diberikan kepada 50 orang anak.
  6. Pemerintah Kota Surabaya melalui Kecamatan Gubeng mengajak seluruh Forkopimda Kecamatan (Koramil dan Polsek) termasuk Ketua LPMK, Ketua KIM, Koordinator KSH, Ketua RT/RW, Ketua TP PKK dan Tokoh masyarakat untuk menyukseskan giat imunisasi ini agar generasi muda bangsa dapat terbebas dari Polio.

Jurnalis  :
Hutrimas Wimapiguna Sumarjan, SAP.
Ketua KIM Kertajaya 
selaku Ketua Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) Kecamatan Gubeng.