LPMK Kertajaya Gelar Refleksi dan Evaluasi Akhir Tahun


KIM Kertajaya, Surabaya. LPMK Kertajaya gelar Refleksi Evaluasi Kinerja Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Nur Pasific Restaurant Jalan Raya Gubeng No 37. 

Dihadiri oleh Camat Gubeng Eko Kurniawan Purnomo, Lurah Kertajaya Kartika Prabaningrum, Kepala Puskesmas Pucang Sewu drg Umi Latifah Ketua LPMK Kertajaya Mas Hendrik Moch Djamin Nainggolan, Ketua KIM Kertajaya Hutrimas Wimapiguna Sumarjan, Ketua TP PKK Kertajaya Lilik S Muchlis, Ketua RW se Kelurahan Kertajaya, Bhabinkamtibmas Kertajaya Susanto, Babinsa Kertajaya Kusnadi, dan tokoh masyarakat lainnya.

Kegiatan Refleksi Akhir Tahun ini diadakan dalam rangka memperkuat silaturahmi serta mengevaluasi tahun 2023 dan menjalin kerjasama yang baik di tahun 2024 mendatang oleh LPMK, TP PKK, KIM, Puskesmas, Babisa, Bhabinkamtibmas, dan tokoh masyarakat lainnya.

Camat Gubeng Eko Kurniawan Purnomo dalam sambutannya mengatakan seluruh masyarakat harus menggunakan dakel (dana kelurahan) secara baik dan berkelanjutan. "Monggo dakel yang ada bisa diserap dengan baik, monggo untuk koordinasi dan juga tahun ini memang dakel di fokuskan untuk penanganan pembangunan sarana prasarana fisik berupa perbaikan gorong-gorong agar apabila banjir tidak meluap" ucap Eko.

Ketua LPMK Kertajaya Mas Hendrik Moch Djamin Nainggolan dalam pembukaan juga menjelaskan bahwa tahun 2024 fokus program adalah pemberdayaan ekonomi kerakyatan berupa pembuatan sentra mini UKM di setiap RW. "Program kami LPMK di 2024 adalah pemberdayaan UKM, biar mereka bisa berjualan mulai pagi hari hingga malam, sehingga UKM dapat berdaya" kata Hendrik.

Lurah Kertajaya Kartika Prabaningrum juga menambahkan bahwa refleksi tahun ini semakin baik kedepannya untuk bisa berkolaborasi. Ia juga mendukung program pemerintah secara komprehensif serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu. "Refleksi ini harapan saya bisa menjadi kerjasama institusi yang baik dan juga menjadi dukungan sinergitas program kerja dari pemerintah kota untuk kesejahteraan rakyat" tambah Tika.

Dalam sesi sharing juga disampaikan oleh Kepala Puskesmas Pucang Sewu drg Umi Latifah. "Sekarang puskesmas sudah buka 24 Jam dan sabtu minggu masuk sampai jam 1 siang. Tolong dimanfaatkan sebaik baiknya. Serta sekarang untuk Poli KIA sudah tersedia layanan USG dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu 35 ribu untuk pasien umum dan gratis untuk pasien BPJS" terang dokter gigi yang dipanggil Ifa ini menambahkan.

KIM Kertajaya juga menyampaikan beberapa program di tahun 2024 dengan target stakeholder para Ketua RW disampaikan oleh Ketua KIM Kertajaya Hutrimas Wimapiguna Sumajan "yang pertama program kerja kami di 2024 yaitu pemanfaatan katalog UKM dari website KIM. dengan demikian tiap UKM di RW dapat profilng produk yang bagus, yang kedua yaitu KIM Kertajaya siap memberikan fasilitasi dan pendampingan ijin usaha berupa NIB dan sertifikat halal. KIM Kertajaya sudah memiliki dua Pendamping Halal yaitu saya, Wima (Ketua KIM Kertajaya) dari Pusat Halal UNAIR dan Alam (Sekretaris KIM Kertajaya/Ketua Karang Taruna Kertajaya) dari Halal Center UIN Sunan Ampel." jelas wima.

Tambahan selanjutnya adalah dari Polsek Gubeng. Bhabinkamtibmas Kertajaya Susanto juga menerangkan bahwa di Surabaya telah ada pembinaan dari Polrestabes berupa pendampingan untuk remaja yaitu pijar. "Bapak Ibu RT dan RW apabila ada kenakalan remaja, kami siap mendampingi dengan program pijar". Tambah Santo. 

KIM Kertajaya